Crew Drill, Safety Meeting, Cabin Inspection, Costum Procedure, Kode Etik Bersosial

Aktifitas lain yang menjadi keharusan selain pekerjaan pokok, adalah aktifitas yang berkenaan dengan program keselamatan yang diadakan oleh managemen kapal, antara lain; Crew Drill, Safety Meeting, Cabin Inspection, Immigration & Custom Procedures, Kode Etik Bersosial.

Crew Drill
Adalah latihan penyelematan diri ketika ada bahaya. Drill adalah latihan, yang mana dalam latihan penyelamatan dibagi menjadi beberap bagian diantaranya latihan pemadaman kebakaran (Fire Drill), latihan penyelamatan diri ketika kapal dalam keadaan darurat (General Drill) Latihan penyelamatan diri dilaut (boardrill/ raft drill). 

Safety Meeting
Adalah pembekalan kepada segenap karyawan terutama yang baru datang, dengan menonton video yang diputarkan. Dalam materi ini terdapat beberapa informasi detail tentang tindakan yang harus diambil ketika terjadi tanda bahaya sampai dengan informasi tentang peraturan-peraturan yang melarang setiap awak kapal untuk tidak mencemari atau mengganggu lingkungan, berikut house rule perusahaan. Selain pembekalan tersebut, masing-masing karyawan diwajibkan pula untuk mengikuti standarisasi sertifikat-sertifikat kelengkapan, yang masing-masing perusahaan mempunyai cara sendiri-sendiri.

Cabin Inspection
Merupakan program wajib yang diberlakukan beberapa perusahaan kapal pesiar, yaitu pengecekan rutin tentang kebersihan kamar karyawan. Program ini biasanya diadakan setiap sebulan sekali atau sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh managemen kapal. Dalam program ini, selain kebersihan yang diperhatikan, ada lagi yang menjadi poin penting yaitu pengecekan standar fasilitas untuk keselamatan di kamar, seperti smoke detector, fire sprinkle (alat pemadam yang berada dilangit-langit).

Immigration & Custom Procedures
Sesuai dengan hukum di America, ketika kapal berada di daerah America, kita diharuskan untuk mengikuti pengecekan dokumen oleh pihak costum / U.S Immigration. Managemen kapal akan mengkoordinasi kegiatan ini sehingga kita akan dengan mudah mengikutinya, sehingga proses akan berjalan cepat sesuai yang diharapkan, dan kita dapat melanjutkan aktifas kita yang lain.

Kode Etik Bersosial
Karena semua karyawan yang bekerja di kapal tidak selalu sama jam kerjanya, masing-masing crew/ karyawan diharuskan untuk tidak membuat suara atau kegiatan yang dapat mengganggu yang lain. Beberapa dari kita mungkin kebagian kamar yang harus dihuni oleh dua orang, untuk itu selain tidak boleh mengadakan suara atau kegiatan yang dapat mengganggu yang lain, kita diharuskan dapat menjaga kebersihan serta ketenagan suasana kamar.

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Categories

Copyright © Blog Kapal Pesiar | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com